was successfully added to your cart.

Cart

Pentingnya Memilih Jasa Potong Plat Terbaik Sesuai Kebutuhan Anda

By February 7, 2020 Jasamesinlaser

Istilah plat mungkin lebih sering Anda dengar sebagai sesuatu yang menempel di bagian belakang motor dengan nomor polisi yang menyesuaikan tiap daerah. Meski begitu, istilah plat tidak selalu merujuk pada plat nomor motor, tetapi secara umum diartikan sebagai segala sesuatu yang terbuat dari logam yang pipih atau tipis. Bisanya, logam ini dipotong menjadi beberapa bagian oleh orang-orang yang menjual jasa potong plat.

Kehadiran plat dalam kehidupan sehari-hari dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mempercantik rumah. Namun jangan salah, plat ini juga harus dimanfaatkan sesuai dengan jenisnya. Bagi Anda yang ingin merenovasi rumah dan bingung harus memulainya dari mana, informasi lebih jauh tentang plat mungkin menjadi sangat berguna bagi Anda. Simak penjabaran di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Plat

Plat adalah material yang mudah sekali ditemukan di berbagai toko yang memang dikhususkan untuk menjual material-material rumah dan konstruksi lainnya. Anda yang tidak terbiasa bepergian ke toko-toko tersebut mungkin sedikit heran dengan namanya. Tetapi percaya tidak percaya, plat sebenarnya sering Anda jumpai dalam keseharian. Apalagi bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat.

Plat ini tentu saja tidak hanya memiliki satu jenis. Tetapi ada beberapa jenis yang kegunaannya harus disesuaikan dengan jenis tersebut. Harga dipasaran secara umum pun mengikuti jenisnya. Semakin bagus dan sulitnya ditemukan sebuah jenis plat, maka harganya juga akan semakin tinggi. Meski begitu, berbagai toko material tentu memiliki harga yang bersaing jika Anda pandai-pandai menawarnya.

Biasanya, setelah membeli sebuah plat besi untuk kebutuhan di rumah misalnya, Anda akan membutuhkan jasa potong plat yang handal agar plat besi yang Anda pilih sesuai ukurannya dengan yang Anda inginkan. Pemilihan jasa tersebut bisa Anda diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga atau mencari pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Mengenal Jenis-Jenis Plat, Ukuran, dan Manfaatnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan jenis plat harus sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dilakukan guna meminimalisir kesalahan. Contohnya saja, Anda tidak mungkin menggunakan plat besi yang harusnya digunakan sebagai kebutuhan di rumah, pada sebuah konstruksi atau bahkan untuk kapal.

Lebih lanjut, adapun jenis-jenis plat yang harus Anda ketahui sebelum bepergian ke toko material dan membelinya adalah sebagai berikut.

  1. Jenis Plat Bordes

Secara harfiah, kata bordes diartikan sebagai tangga untuk naik ke pintu. Biasanya digunakan pada kereta api dan lain sebagainya. Anda pasti pernah melihatnya saat naik di kereta api, bukan? Hanya saja saat itu Anda mungkin belum mengetahui namanya. Bordes juga dikatakan sebagai bagian datar pada anak tangga yang menjadi pijakan seseorang. Kedua arti ini sama saja merujuk pada anak tangga, namun yang terbuat dari besi. Bukan yang terbuat dari marmer seperti anak tangga di rumah pada umumnya.

Penerapan jenis plat bordes dalam kehidupan sehari-hari selain pada transportasi seperti kereta api adalah pada area yang dirasa mampu melukai orang lain. Sebab ternyata manfaat dari jenis plat bordes dapat menjadi pelindung pijakan seseorang agar tidak tergelincir di area yang cenderung basah.

Untuk spesifikasi ukuran, jenis plat bordes yang standar sekitar 1,2 m x 2,4 m dengan ketebalan yang bervariasi, tergantung dari keinginan Anda sebagai pemesan. Jika Anda mengingat bagian bawa truk, Anda akan langsung sadar bahwa lantai mobil truk atau mobil bak terbuka lainnya terbuat dari plat jenis bordes ini.

Selain menjadi lantai truk dan kereta api, jenis plat bordes sering kali difungsikan sebagai lantai pada sebuah bangunan pabrik yang dipasang agar para pekerja tidak mudah tergelincir. Pada beberapa bagian alat olahraga juga ditemukan pemanfaatan jenis plat ini.

  1. Jenis Plat Hitam

Jenis plat yang satu ini sering disebut sebagai base plate, atau lapisan dasar. Bentuknya tipis seperti tripleks yang mudah Anda jumpai dalam keseharian. Untuk ukurannya sendiri berkisar antara 122 x 244 cm atau sekitar 4 x 8 kaki. Adapun ketebalannya cukup bervariasi mulai dari 1,2 mm hingga 100 dan 200 mm.

Sebagai base plate, jenis plat hitam dimanfaatkan sebagai penguat pada struktur baja, alas dari material, hingga menjadi bagian terpenting dari pengonstruksian sebuah tangki. Anda mungkin pernah melihatnya di beberapa perusahaan yang tidak menggunakan tangki seperti yang digunakan dalam kebutuhan rumah tangga, tetapi tangki dengan plat seperti ini.

  1. Jenis Plat Kapal

Jenis plat yang satu ini tentu tidak asing bagi mereka yang kuliah di jurusan perkapalan. Hanya dengan membaca namanya saja, Anda tentu sudah bisa menebak manfaat dari jenis plat kapal. Ya, betul sekali. Jenis plat kapal sering kali digunakan sebagai instalasi kapal secara umum. Namun secara khususnya, jenis plat kapal ternyata juga akrab sebagai material konstruksi pembuatan tangki.

Tentu saja tangki yang dimaksud berbeda dengan tangki yang dibuat dari jenis plat yang dijelaskan sebelumnya. Jika Anda teliti, jenis plat kapal memiliki bentuk yang cukup berbeda dengan jenis plat pada umumnya. Tidak berbentuk tripleks, tetapi berbentuk panjang dan lebar. Ukurannya cukup monoton yaitu panjang sekitar 6.00 mm dengan ukuran lebar bervariasi yaitu 1.500 mm dan 1.800 mm.


Seringnya jenis plat ini digunakan sebagai bahan pembuatan instalasi kapal tentu bukan tanpa sebab. Bentuk yang berbeda dan ketahanan yang lebih baik nyatanya dianggap mampu melindungi kapal terhadap korosi atau karatan.

Korosi sendiri secara khusus memiliki tiga definisi. Pertama, proses perubahan atau perusakan yang disebabkan oleh reaksi kimia. Kedua, proses kimia atau elektrokimia yang kompleks dengan merusak logam melalui reaksi dengan lingkungannya. Ketiga, erosi kimia oleh oksigen diudara yang menimbulkan batuan yang mengandung besi berkarat.

  1. Jenis Plat Strip

Jenis plat yang satu ini memiliki nama lain yaitu strip plate, atau dasar yang berupa kepingan pipih. Bagi banyak orang, plat strip cukup sering dimanfaatkan sebagai plat lantai bagi rumah yang bertingkat. Mereka meyakini bahwa jenis plat ini mampu menahan beban bangunan dan memperkokohnya agar tidak mudah ambruk. Tidak hanya pada rumah tingkat saja. Plat strip pun difungsikan sebagai pembuat pintu hingga pagar rumah. Pintu garasi adalah contoh yang paling dekat dengan Anda.

Manfaat yang beragam membuat plat strip harus memiliki ukuran 6 m untuk panjang dan 11 hingga 200 mm untuk lebar yang variasinya mengikuti keinginan Anda sebagai konsumen. Adapun untuk urusan ketebalan, plat strip yang nampak seperti papan kayu atau tripleks biasa ini memiliki 3 mm hingga 12 mm.

Oh ya, selain menjadi pagar, pintu garasi, dan rumah tingkat, plat strip pun mampu menjadi teralis pada jendela atau pintu Anda. Untuk jenis plat strip ini yang paling mudah dibentuk dan dipotong dengan cara dilas, yang tentu saja pengerjaannya membutuhkan jasa potong plat profesional.

Nah jadi itulah tadi berbagai informasi menarik seputar plat dan jenis-jenisnya. Sekali lagi, manfaat dari tiap jenis plat ini wajib disesuaikan dengan kegunaannya. Jangan sampai salah pilih. Maka dari itu penting berdiskusi dengan orang-orang di toko material yang lebih berpengalaman.